Sabtu, 12 Agustus 2017

Tes napas bisa deteksi kanker payudara dalam waktu 10 menit

By sandi permana  |  00.53 No comments
Tes napas bisa deteksi kanker payudara dalam waktu 10 menit,- Sekarang tak perlu melakukan mammogram atau rontgen sinar X untuk menemukan kanker payudara. Peneliti menemukan cara terbaru yaitu melalui tes napas. Dalam waktu sepuluh menit saja, tes napas ini bisa mendeteksi kanker payudara. Hasilnya pun sama akuratnya dengan sinar X atau mammogram.

Penemuan baru ini tentu menguntungkan pasien karena mereka tak perlu terlalu sering melakukan mammogram yang tak nyaman. Peneliti juga berharap cara yang lebih mudah dan cepat ini bisa memberikan dorongan bagi lebih banyak wanita untuk melakukan pemeriksaan demi mencegah kanker payudara.

Cara yang lebih sederhana namun sama efektifnya ini juga membuat wanita bisa menghindari radiasi yang tidak diperlukan selama memeriksakan diri. Seringkali wanita harus mengalami efek samping akibat radiasi yang mereka dapatkan saat pemeriksaan kanker.

Alat yang dinamakan BreathLink ini dikembangkan oleh firma di Amerika Serikat dan sudah mulai dipasarkan di Eropa. Ketika menggunakannya, wanita hanya perlu bernapas selama dua menit pada alat tersebut. Setelahnya, napas wanita yang masuk ke mesin akan dianalisis berdasarkan tingkat zat kimia yang ada di dalamnya.

Hasilnya kemudian akan disambungkan ke komputer untuk menentukan apakah pola zat kimia tersebut merupakan tanda dari kanker payudara. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini menunjukkan hasil yang sama akuratnya dengan mammogram.

"Kami mengetahui bahwa jika Anda mendapatkan hasil negatif dalam tes kanker payudara, kemungkinan 99,9 persen Anda tak memiliki kanker. Itu adalah kunci karena kebanyakan wanita yang memeriksakan diri tak memiliki kanker. Dengan begitu mereka tak perlu melakukan mammogram," ungkap Michael Phillips, profesor dari New York Medical College.

Jika wanita mendapatkan hasil positif dalam tes napas, baru mereka melakukan tes mammogram untuk mengetahui lebih lanjut. Meski begitu, peneliti menjelaskan bahwa masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuat alat ini sebagai satu-satunya cara untuk mendeteksi kanker payudara.

Peneliti optimis bahwa di tahun-tahun mendatang, tes napas ini akan menjadi tes yang global dan disarankan. Nantinya tes napas ini akan menjadi semudah tes darah atau tes urine untuk mendeteksi penyakit.

Author: sandi permana

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

© 2014 Obat Asma Yang Alami. WP themonic converted by Bloggertheme9. Powered By Blogger
TOP